AH. SYAHRUL RAHMAT
2012 B--12020114047

Soal dan Jawaban Pembelajaran Sastra Anak
1.    Apa yang dimaksud sastra anak?
  • Sastra anak-anak adalah karya sastra (prosa, puisi, drama) yang isinya mengenai anak-anak sesuai kehidupan, kesenangan, sifat-sifat, dan perkembangan anak-anak, baik ditulis oleh pengarang yang sudah dewasa, remaja atau oleh anak-anak itu sendiri.

2.    Bagaimana karakteristik bahasa yang digunakan dalam sastra anak?
  • Struktur kalimat
Cerita anak biasanya menggunakan kalimat sederhana, dapat berupa kalimat tunggal, kalimat berita, kalimat tanya, atau kaliamt perintah sederhana. Dalam sastra anak lebih banyak dijumpai kalimat tunggal daripada kalimat majemuk yang dapat berupa kalimat aktif maupun pasif, negatif atau positif, serta kalimat dengan susunan beruntun atau inversi.
  • Pilihan kata
Satra anak pada umumnya menggunakan kata-kata ynag sudah dikenal oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-harinya, Kata-kata konkret lebih banyak digunkan daripada kata abstrak. Istilah khusus dalam bidang ilmu tertentu juga tidak banyak/ jarang digunakan.
  • Gaya bahasa/ majas
Sedikit sekali digunakan majas, hal ini berkaitan dengan ciri pilihan kata yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sastra anak lebih banyak mengunakan kata-kata konkret. Kalaupun digunakan majas, majas yang digunakan adalah majas yang sudah dikenal oleh anak. Misal penggunaan majas personifikasi dalam certita tentang binatang yang dapat berperilaku seperi manusia.

3.    Apa saja aspek-aspek sastra yang harus diperhatikan dalam sastra anak?
  • Penokohan
Syarat utama tokoh cerita yang cocok bagi anak-anak ialah:
    • Tokoh utama harus dapat dipercaya
    • Tokoh harus taat asas (konsisiten) maksudnya watak dasar tokoh tetap utuh, tidak diubah-ubah.
    • Tokoh binatang menarik bagi anak, maksudnya tokoh binatang tersebut harus memberikan pendidikan pada anak dan diharapkan dengan tokoh-tokoh ini anak-anak dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap binatang.

  • Latar cerita
Latar cerita ini menyangkut tempat, waktu, cara tokoh-tokoh, cerita hidup, aspek cultural lingkungan.
  • Alur cerita
Alur cerita untuk bacaan/buku anak-anak haruslah jelas, sederhana dan sesuai dengan kehiddupan nyata. Agar anak-anak tidak sulit memahami isi dari cerita.
  • Tema
Ilustrator dalam cerita dapat mempertegas tema cerita. Yang sesuai wajibdiperhatiklan kita harus bisa memilih tema yang sesuai dengan perkembangan kehidupan anak. Contoh : tema persahabatan atau rasa cinta tanah air.

4.    Sebutkan macam-macam karya sastra anak?
  • Mitos
  • Legenda
  • Fabel
  • Cerita wayang
  • Nyanyian rakyat (folksong)
  • Cerita bocah
  • Puisi
  • Cerkak
  • Novel
  • Drama (tradisiona/modern)

5.    Apa saja nilai-nilai yang bisa diambil oleh anak dalam pembelajaran sastra?
  • Memahami Dunia
Melalui karya sastra anak-anak dapat mempelajari dan memaknai dunia mereka sesuai dengan pemikiran mereka. Dengan catatan karya sastra yang benar-benar diperuntukan bagi anak-anak seusia mereka. Contoh karya sastra yang benar-benar diperuntukan bagi anak-anak adalah karya sastra yang bertemakan “persabatan”.

  • Membentuk sikap positip
Karya sastra dapat membantu kita membentuk dan menanamkan sikap-sikap positif didiri anak, melalui pembelajaran karya sastra ialah :
    • Kesadaran akan harga diri (self-esteem)
    • Toleransi terhadap orang
    • Keingintahuan tentang hidup
    • Menyadari hubungan yang manusiawi.

6.    Apa tujuan teknik demonstrasi dalam pembelajaran sastra anak?
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan atau memperagakan suatu materi.
  • Teknik demonstrasi dalam pembelajaran sastra anak, digunakan untuk menerangkan secara lisan.
  • Siswa sebelumnya diperbolehkan melihat contoh atau prosedur suatu peragaan agar mereka lebih faham

7.    Apa saja cara yang dapat dilakukan dalam teknik demonstrasi menurut Naffi (2006)?
  • Seorang individu atau kelompok membuat sesuatu di hadapan individu-individu lainnya.
  • Demonstrasi dilakukan dalam situasi pembelajaran.
  • Ketika melakukan peragaan, peraga boleh menggunakan model peragaan, seperti model hidup, model simbolik, atau­pun model persepsi.

8.    Apa saja yang harus diperhatikan saat mendongeng pada pembelajaran sastra anak?
  • Jangan membungkuk; duduk tegap dan rileks,
  • Pahami dulu dongeng yang akan diceritakan
  • Suasana harus gembira.
  • Pada saat mulai mendongeng usahakan mengawali dengan nyanyian atau pantun

9.    Apa yang dimaksud deklamasi?
  • Dalam perkembangan selanjut­nya, deklamasi sering dikatakan puisi lepas teks atau cara penyampaian puisi dengan menghapalkan teks dan dilisankan di depan publik.
  • Dengan singkat da­pat dikatakan bahwa; deklamasi adalah penyampaian puisi secara lisan tanpa teks dilakukan di depan publik.
  • Orang yang mempunyai keahlian dalam deklamasi disebut deklamator.

10.    Bagaimana ciri puisi yang menarik untuk dijadikan bahan pengajaran sastra untuk anak?
  • Berdasarkan pengalaman
  • Berdasarkan minat anak-anak
  • Mengandung elemen irama dan rima
  • Tentang binatang
  • Puisi yang lucu
  • Puisi-puisi tentang keajaiban



0 Responses

Posting Komentar